Persamaan Dan Fungsi Kuadrat

Posted by Asrofy on 12:04

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang sangat penting dalam kehidupan sehari–hari. Manusia dalam melakukan kegiatan sehari–hari tentunya tidak lepas dari apa yang ada dalam matematika. Akan tetapi kebanyakan orang tidak menyadari bahwa apa yang dilakukannya tersebut merupakan bagian dari matematika. Kegiatan– kegiatan seperti menghitung bilangan, menjumlahkan dan lain sebagainya merupakan bagian dari cabang ilmu matematika yang paling dasar.
B.     Rumusan Masalah
Dalam makalah ini terdapat beberapa rumusan masalah yaitu:
         1.      Apa saja jenis akar-akar persamaan kuadrat
         2.      Bagaiman membentuk persamaan kuadrat
C.      Pembatasan Masalah
Untuk mengurangi terjadinya penyimpangan dalam proses penyampaian makalah, kami melakukan pembatasan masalah antara lain :
1.       Pembahasan hanya menyangkut dari jenis akar-akar dan membentuk persamaan kuadrat
2.       Hasil yang didapat dari persamaan kuadrat hanya menggunakan metode jenis akar-akar persamaan kuadrat,membentuk persamaan kuadrat, diskriminan dan Rumus ABC.
D.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui jenis akar-akar persamaan kuadrat
2.      Untuk mengetahui bagaimana cara membentuk persamaan kuadrat
E.  Metode Penyusunan Makalah
Metode yang kami pergunakan dalam melakukan penyusunan makalah adalah kerja kelompok serta melakukan beberapa pencarian data kemudian melakukan penyaringan  data dilanjutkan dengan perancangan skema dan pembuatan makalah, adapun langkah langkah yang kami lakukan antara lain  :
1.      Pertemuan ( melakukan pembagian tugas )             6.      Evaluasi, dan
2.      Pengumpulan data                                                   7.      Perbaikan
3.      Penyaringan data
4.      Penyusunan skema
5.      Melakukan penyusunan makalah
BAB II
PEMBAHASAN
A.       Jenis-jenis Akar Persamaan Kuadrat
Ada 3 jenis dalam menentukan jenis akar persamaan kuadrat yaitu :
1.      Text Box: Cara menenentukan jenis akar-akar PK :
1. D > 0, Kedua akar nyata dan berlainan (x1 ≠ x2 ).
2. D = 0, Mempunyai akar yang sama  (x1 = x2 ).
3. D < 0, akar tidak nyata.
4. D = k2 ; k2 = bilangan kuadrat sempurna kedua akar rasional.
Dua akar real yang berlainan atau berbeda jika D > 0, ada dua jenis antara lain :
a.       Rasional jika D Berbentuk kuadrat sempurna
Contoh : 1, 4, 9 , ...                                                    
b.      Irrasional jika D tidak berbentuk kuadrat
sempurna
Contoh : 5, 6 , 10 , ...
2.      Dua akar kembar atau sama jika D = 0
3.      Tidak mempunyai akar real atau
imajiner jika D < 0
Text Box: D = b2-4acUntuk menentukan diskriminan dalam
menentukan jenis akar persamaan tersebut digunakan rumus:           
Text Box: ax2 + bx + c = 0;dimana D merupakan Diskriminan yang diperoleh dari persamaan

Kalau tidak mau menggunakan rumus diskriminan bisa menggunakan akar persamaan kuadrat yang telah dicari terlebih dahulu dengan menggunakan salah satu dari cara diatas. Setelah diperoleh akar persamaan kuadrat maka cara menentukan jenisnya adalah sebagai berikut :
1.      Dua akar real yang berlainan / berbedajika:
a.       x dan xnya berbeda dan berbentuk bilangan bulat, negatif, pecahan, maka rasional.
Text Box: x  = 2 ,x = -3 atau x  =  , x = 3contoh :


b.      Text Box: x  =   , x =  xdan xnya berbeda dan berbentuk akar positif maka irrasional
contoh :
2.      Text Box: x  = 2 ,x = 2

Dua akar kembar atau sama jika x = x
Contoh  :

Tidak mempunyai akar real atau imajiner jika berbentuk akar negatif
Contoh :   x =  ,x=
Contoh1 :
Tentukan jenis akar – akar persamaan kuadrat untuk persamaan
Cloud Callout: IngatYa……!!! Diskriminan
D = b2-4ac

 2x² + 9x – 35 = 0
Jawab :
Diketahui a = 2,
b = 9 ,
c = -35
Cara 1 :
D= b² - 4ac 
   = 81 – 4(2)(-35)
   = 81 + 280
   = 361
Karena D > 0 dan D berbentuk kuadrat sempurna 361 = (19)² maka jenis akarnya, dua akar  real yang berlainan atau berbeda dan rasional
Cara 2 : Dengan rumus ABC seperti contoh 4 maka diperoleh :
,
Text Box: Contoh2 :

Karena x nya berbentuk bilangan negative dan pecahan maka jenis akarnya  dua akar real yang berlainan atau berbeda dan rasional.


Tentukan jenis akar – akar persamaan kuadrat untuk persamaan
4x² - 20x + 25 = 0
Text Box: Jawab :
 



Diketahui a = 4, b = -20 ,dan c = 25

Text Box: Cara 1 :
 



D = b² - 4ac
 = 400 – 4(4)(25)
= 400 – 400
= 0
Karena D = 0 maka jenis akarnya kembar atau sama
Text Box: Cara 2 :
 



     
 =    
 =
    =                            
 =                                   
               
    = 
Karena=   maka jenis akarnya kembar atau sama
Text Box: Contoh3 :
 



Tentukan jenis akar – akar persamaan kuadrat untuk persamaan  
2x² + 9x + 35 = 0
Jawab :
Text Box: Cara 1 :

Diketahui a = 2, b = 9 , c = 35


D = b² - 4ac 
    = 81 – 4(2)(35)
    = 81 – 280
    = - 199
Karena D < 0 maka jenis akarnya tidak mempunyai akar real atau imajiner.
Text Box: Cara 2 :

 



   =    
=
       =                                                                
 
Karenadanberbentuk akar negative maka  jenis akarnya tidak mempunyai akar real atau imajiner
Text Box: Contoh 4:
 



Diketahui persamaan kuadrat x²-6x+3p=0, tentukan nilai atau batas nilai p agar persamaan kuadrat tersebut :

a.       Mempunyai dua akar real yang berbeda
b.      Mempunyai dua akar real yang kembar
c.       Tidakmempunyai akar – akar yang real
Text Box: Jawab :

                                

x² - 6x + 3p = 0,  dengan a = 1, b = -6, c = 3p
nilai diskriminannya adalah : D = b² - 4ac = 36 – 12p
a.       Agar persamaan kuadrat mempunyai dua akar real yang berbeda, syaratnya D > 0
D               >          0
36 – 12p    >          0
p                <          3
jadi persamaan kuadrat x² - 6x + 3p = 0 mempunyai dua akar real yang berbeda untuk batas nilai p < 3
b.      Agar persamaan kuadrat mempunyai dua akar real yang sama, syaratnya D = 0
D                 =        0
36 – 12p      =        0
p                  =        3
            jadi persamaan kuadrat x² - 6x + 3p = 0 mempunyai dua akar real yang sama untuk nilai p = 3
c.       Agar persamaan kuadrat tidak mempunyai akar – akar real, syaratnya D < 0
D               <          0
36 – 12p    <          0
p                >          3
jadi persamaan kuadrat x² - 6x + 3p = 0 tidak mempunyai akar – akar yang real  untuk batas nilai p > 3
Text Box: Contoh 5:
 



Tentukan nilai m agar persamaan kuadrat px² - 2p (x – 1) = 3 mempunyai dua akar yang sama

Text Box: Jawab :

 



Untuk persamaan kuadrat di atas px² - 2p (x – 1) = 3 maka
px² - 2px + 2p – 3 = 0 sehingga a = p, b = - 2p, c = 2p – 3
nilai diskriminannya adalah :
D =  b² - 4ac   
=    4p² - 4(p)(2p – 3)
=     4p² - 8p² + 12p           
=    - 4p² + 12p
Agar persamaan kuadrat tersebut mempunyai dua akar yang sama syaratnya  D = 0
            D= 0
 - 4p² + 12p     = 0
Dengan menggunakan rumus ABC diperoleh nilai p yaitu 0 dan 3
Jadi persamaan kuadrat px²-2p(x– 1) = 3 mempunyai dua akar sama untuk nilai p = 0 dan p = 3



1.      Membentuk Persamaan Kuadrat
Persamaan kuadrat dibentuk jika kedua akarnya atau informasi tentang kedua akarnya diketahui.Jika suatu persamaan kuadrat mempunyai akar-akar x1dan x2 maka persamaannya adalah (x-x1) (x-x2) =0 atau
 x2- (x1+x2)x + (x1.x2).

Text Box: Contoh1 :

Tentukan persamaan kuadrat yang mempunyai akar 2 dan 3.
Penyelesaian :
Folded Corner: Pendidikan karakter
Rasa ingin tau
Kembangkan rasa ingin tau anda dengan selalu banyak bertanya jika anda tidak tau sesuatu 



Persamaan kuadrat dengan akar-akar 
2dan 3 adalah :
·         x2- (2+3)x + (2.3) = 0
·         x2 -5x +6 =0
Text Box: Contoh2 :
 



Tentukan persamaan kuadrat yang akar-akarnya dua kali akar-akar persamaan kuadrat x2 +3x-5 = 0
Penyelesaian :
Misal x1dan x2adalah akar-akar persamaan x2+3x-5 = 0.
Maka x1+x2 = -= -3   dan  x1.x2 = = -5.
Misal α dan β adalah akar-akar persamaan yang dicari, maka
α = 2x1 dan β = 2x2.
Jadi,  α +β = 2x1 + 2x2              α.β  = 2x1.2x2
= 2(x1+x2)                     = 4(x1.x2)
= 2(-3)                            = 4(-5)
= -6                                 = -20
Maka persamaan kuadrat yang dicari adalah :
x2 - (α +β)x  + (α.β) = 0
x2 +6x-20 = 0
1)      Membentuk persamaan kuadrat yang diketahui sifat–sifat akarnya.
a.    Sifat – SifatAkarPersamaanKuadrat.
Misalkan persamaan kuadrat ax² + bx + c = 0 dengan x1 dan x2 adalah akar-akarnya .Dengan  menggunakan akar-akar persamaan kuadrat dari rumus ABC, yaitu:

Maka x1 =    maka x2 =     Sehingga dapat di hubungkan :
x1 + x2 =
 x1. x2  =
Bentuk diatas dikenal sebagai sifat akar pada persamaan kuadrat
b.      Menyusun Persamaan Kuadrat
1)      Menyusun persamaan kuadrat jikadiketahui akar-akrnya Jika x1dan x2 merupakan akar-akar persamaan kuadrat maka berlaku;
Text Box:  ( x – x1 )  . ( x – x2 ) = 0
 



Atau (x- x1) (x- x2) = 0
Rounded Rectangular Callout: Rumus Persamaan Kuadrat yang akar-akarnya X1danx2 adalah
x2 – (x1 + x2 )x + x1 x2 = 0
Text Box: x2 – ( x1 + x2 )x + ( x1 . x2 ) = 0.

x2-x1x- x2x + x1.x2 = 0


a)      Menyusun persamaan kuadrat baru jika
di ketahui hubungan akar-akar persamaan
kuadrat baru dengan akar-akar persamaan
Text Box: x2 – ( α + β) x + α.β = 0kuadra tlainnya. Missal α dan β merupakan akar-akar persamaan kuadrat baru, x1 dan x2 akar persamaan kuadrat lama yang diketahui. Jika α, β dan x1 , x2 mempunyai hubungan tertentu maka persamaan kuadrat baru ;


α + β dan α . β di ubah kedalam bentuk x1+ x2 dan x1.x2 untuk menentukan nilainya :
Text Box: Contoh soal 


1)      Tentukan persamaan kuadrat yang akar – akarnya -3 dan
Text Box: jawab :
 



( xx1 ) . ( xx2 ) = 0
( x – (-3)) . ( x) = 0
( x + 3 )  . (x) = 0
x2x + 3x – 1 = 0
x2x – 1 = 0
2)      Jika akar – akar persamaan kuadrat 2x2x -5 = 0 adalah p dan q, maka persamaan kuadrat yang akar – akarnya (p -1) dan (q -1) adalah
Jawab :
2x2x -5 = 0;a = 2, b = -1, c = -5
Maka :
p + q = = = dan  p . q = =
Sehingga :
( p – 1) +(q– 1) = (p + q) – 2
 =
 = -
(p – 1) (q – 1 ) = pqpq + 1
                        = pq – (p + q) + 1
                        =  – () + 1
                        = -2
Jadi persamaan kuadratnya adalah :
x2 – ( x1 + x2 ) x + ( x1 . x2 ) = 0.
x2 – (( p – 1) + (q – 1)) x + (( p – 1)(q – 1 )) = 0.
x2 – () x + (-2) = 0.
x2 +x -2 = 0.
2x2 + 3x– 4= 0.
3)      Flowchart: Punched Tape: Sifat-sifat PK
	x1 + x2 = -  b/a
	x1.x2 = c/a







-

Jika x1 dan x2 adalah akar – akar persmaan kuadrat 4x2-8x + 10 = 0 tentukan nilai !
a)    x1+ x2
b)    x1.x2
c)     x12+x22
d)    +
e)     (x1 – x2)2
f)    x13.x2  + x1.x23
g)   x13 + x2
4x2- 8x + 10= 0 -> a=4, b= -8, c =10
Text Box: Jawaban ;

                                   

a)      x1 +  x2  =  = -  = 2
b)      x1.x2  =  =  =
c)      x12 + x22 = ( x1 + x2)2 – 2x1.x2
                    = 22- 2.
                    = 4- 5
= 1
d)      +
e)       =−
f)       (  x1-x2 )2 = x12- 2x1. x2 + x22
 = (x12 + x22 ) – 2(x1.x2)
= -1 -2 . = - 6
g)      x13. x2 + x1.x23 = x1.x2(x12+x22)
                           = \
h)      x13+ x23 =(x1 + x2)3 – 3x1.x2(x1 + x2)
             = 23 -3.
             = 8- = -7
4)      Text Box: Jawaban ;

Misal α dan β akar-akar dari persamaan 2x2 + 5x – 6 = 0. Tentukan persamaan kuadrat yang akar-akarnya


2x2 + 5x- 6= 0
Diproleh α +β = - dan α .β = -3 persamaan yang akan di susun:
x2- ( x1 + x2 ) x + x1 . x2= 0 dengan x1 = dan x2 =
x1+ x2=
x1 .x2 =
Jadi, persamaan kuadrat yang di minta :
x2- <=.> 6x2 – 5x- 2 = 0
Text Box: Latihan  


1.      Diketahui p dan q akar- akar persamaan kuadrat x2-8x+12=0. Nilai p + q=…..
2.      Akar-akar persamaan kudrat 3x2 + x – 2 = 0 adalah x1 dan x2. Nilai dari 9(x1 + x2 )2 -6x1.x2=……..
3.      Diketahui akar-akar  persamaan kuadrat 2x2- 7x -6 = 0  adalah x1 dan x2. Nilai  adalah…….
4.      Akar-akar persamaan kuadrat x2 + ( a-1) x + 2 = 0 adalah α dan β. Jika α = 2β dan a>0 maka nilai a=……
5.      Akar-akar persamaan kuadarat x2 +(a-1) x +6 =0 adalah x1 dan x2 jika x12 + x22 = 13 maka a=…..
6.      Akar-akar persamaan kuadrat 2x2 + 6x + 3 = 0 ada;lah x1 dan x2. Persamaaan kuadrat yang akar-akarnya  x1 + x2 dan x1.x2 adalah..
7.      Persamaan kuadrat x 2 + (m-2)x + 9 = 0, akar-akar nyata. Nilai m yang memenuhi adalah
8.      Persamaan kuadrat yang akar-akarnya 5 dan -2 adalah:
9.       Akar-akar persamaan kuadrat x 2 - 5 x - 3 = 0 adalah x1 dan x 2 . Persamaan kuadrat yang akarakarnya x1 -1 dan x 2 - 1 adalah...
10.  . Akar-akar persamaan 2x2 − 6x + 2m − 1 = 0 adalah α dan β. Jika α = 2β ,maka nilai m adalah..... 
11.  Jika p dan q adalah akar-akar persamaan x2 − 5x − 1 = 0, maka persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya 2p + 1 dan 2q + 1 adalah.....
12.  . Akar-akar persamaan 3x2 − 12x + 2 = 0 adalah α dan β. Persamaan kuadrat baru yang akar- akarnya (α + 2) dan (β + 2)
13.  Horizontal Scroll: Orang-orang kreatif termotivasi oleh keinginan untuk maju, bukan oleh keinginan untuk mengalahkan orang lain.
(Any Rand, novelis Amerika )
. Persamaan kuadrat x2 + (m − 1)x − 5 = 0 mempunyai akar-akar x1 dan x2. Jika x12 + x12 − 2x1 x2 = 8m, maka nilai m =...








B.   Fungsi Kuadrat
1.      Bentuk Umum Fungsi Kuadrat
Suatu fungsi yang mempunyai variable dengan pangkat tertinggi dua disebut fungsi kuadrat. Bentuk umumnya :
F(x) = ax2 + bx + c ; a, b, c, є bilangan real dan a ≠ 0.
Contoh : a) f(x) = x2 – 4           
b) f(x) = 2x2 + 5x + 6
2.      Menentukan Fungsi Kuadrat yang Diketahui 1 Titik dan Titik Puncaknya.
Jika fungsi kuadrat y = ax2 + bx + c mempunyai titik puncak P (xp , yp), maka fungsi kuadrat tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk :
Y = a(x - xp)2 + yp
 







Selanjutnya untuk menentukan nilai a, kita subtitusikan nilai x dan y dari suatu titik lain yang dilalui grafik fungsi kuadrat ke persamaan diatas.
Contoh soal :
1)      Tentukan rumus fungsi kuadrat yang mempunyai titik puncak P (2, -1) serta melalui titik A ( 0,3).
Jawab :
Dengan menggunakan rumus di atas untuk xp = 2 dan yp = -1, maka diperoleh:
Y = a(x - xp)2 + yp
Y = a(x – 2)2 – 1
Karena grafik fungsi kuadrat tersebut melalui titik A( 0, 3), maka:
3= a (0 -2)2 – 1
3= 4a – 1
3+1 = 4a
4= 4a
A= 1
Sehingga diperoleh:
Y = 1 (x – 2)2 – 1
Y = (x- 2)(x-2) – 1
Y = x2 -4x + 4 -1
Y = x2 – 4x + 3
3.      Sumbu Simetri dan Titik Ekstrim

 









Grafik fungsi kuadrat berbentuk parabola (seperti gambar di atas) dapat menghadap ke bawah atau ke atas. Grafik itu mempunyai sumbu simetri yaitu l, dan titik puncak P. Titik puncak disebut juga titik balik .
            Jika grafik fungsi y = ax2 + bx +c dipotongkan dengan sumbu x, yang berarti y = 0, maka diperoleh ax2 + bx +c = 0. Jika grafik fungsi berpotongan di A(x1, 0) dan B(x2,0), maka x adalah akar – akar persamaan kuadrat ax2 + bx +c = 0. Dikatakan pula bahwa x1 dan xadalah pembuat nol fungsi f(x) = ax2 + bx +c.
Garis l adalah sumbu simetri, yang berarti melalui tengah – tengah AB, sehingga persamaannya adalah  = . Titik P diperoleh dengan memotongkan garis x = -b/2a dengan kurva y = ax2 + bx +c.
y = -b/2a dan y = ax2 + bx +c , maka :
y = a (-b/2a)2 + b(-b/2a) + c
= b2 – 2b2 + 4ac / 4a = - b2 – 4ac / 4a = -D/4a.
Jadi koordinat titik puncak adalah P ( -b/2a , -D/4a ).
Karena terdapat dua akar yaitu x1 dan x2, maka pasti D > 0. Ini berarti jika a > 0, maka (-D/4a) < 0, dan jika a < 0, maka (-D/4a) > 0. Dengan kata lain, jka a > 0 maka grafik menghadap keatas, dan jika a < 0, maka grafik menghadap ke bawah.
Jika grafik menghadap ke atas maka titik puncaknya adalah titik puncak minimum, dan jika grafiknya menghadap ke bawah, maka titik puncaknya adalah titik puncak maksimum. Dengan demikian, berlaku sifat berikut :
Pada fungsi kuadrat f(x) = ax2 + bx +c dengan a ≠ 0
a.                   Grafiknya berbentuk parabola
b.                  Bila a > 0 grafik menghadap keatas.
c.                   Bila a < 0 grafik menghadap ke bawah.
d.                  Persamaan sumbu simetri x =
e.                   Koordinat titik puncak P  , .
Titik ekstrim disebut juga titik puncak, yaitu: P  , .
1.       Jika fungsi  ) y = ax2 + 6x + (a+1) mempunyai sumbu simetri x = 3. Tentukan nilai ekstrimnya  !
2.        Jika parabola  f(x) = x2-bx+7 puncaknya mempunyai absis 4, maka tentukan ordinatnya adalah?

Text Box: Contoh Tentukan soal:
	sumbu simetri dan titik puncak maksimum dari persamaan f(x) = -x2 + 8x – 12!
Jawab:
a = -1 < 0 → membuka ke bawah, punya titik puncak maksimum.
D = b2 – 4ac 
   = 82 – 4(-1)(-12)
  = 64 – 48 = 16
Titik potong dengan sumbu x, berarti f(x) = 0
f(x) = 0 → -x2 + 8x – 12 = 0
	→ x2 – 8x + 12 = 0
	→ (x – 6) (x – 2) = 0
	→ x = 6; x = 2gsi
 Jadi titik potong dengan sumbu x adalah M (6, 0) dan N (2, 0)
Titik potong dengan sumbu Y berarti x = 0
X = 0 → f(x) = -02 + 8 . 0 – 12 = -12
Jadi, titik potong dengan sumbu Y adalah P = (0, 12)
Persamaan sumbu simetri: x = (-  b/2a  = (-  8/(- 2)  = 4
Titik puncak: (-  b/2a  = 4
	(-  D/4a  = ((-16)/(-4)  = 4
Jadi, titik puncak maksimumnya adalah G (4, 4)
Text Box: LATIHAN SOAL
 






















1.      Jika fungsi y=+6x + (a + 1) mempunyai sumbu simetri x=3, tentukan nilai ekstrimnya !
2.      Jika parabola - bx + 7 puncaknya mempunyai absis 4, maka tentukan ordinatnya adalah ?

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari materi di atas, kita dapat menyimpulkan jenis akar-akar persamaan kuadrat dapat terselasaikan dengan menggunakan rumus abc, dengan menentukan akar persamaan kuadrat
 ax2 + bx +c  = 0 yaitu x1..x2=.
b2-4ac disebut desbut deskriminan,karena dengan melihat nilai b2-4ac dapat menentukan jenis akar-akar persamaan kuadrat .
Persamaan kuadrat dibentuk jika kedua akarnya atau informasi tentang kedua akarnya diketahu Jika suatu persamaan kuadrat mempunyai akar-akar x1dan x2maka persamaannya adalah (x-x1) (x-x2) = 0 atau x2- (x1+x2)x + (x1.x2).



DAFTAR PUSTAKA
depertemen pendidikan nasional.2006.peraturan menteri pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 22 Tahun 2006 tentang standar isi satuan pendidikan dasar dan menengah.lampiran 3: standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran matematika untuk SmA/MA.Jakarta;depdiknas
Kartini, suprorapto, dan endang.2005.matematika kelas X untuk SMA/MA. Klaten: intan parewara.
Abdurahman.Maman. 2006. IntisariMatematika SMA IPA :RingkasanMateriLengkapDisertaiContohSoal – JawabdanSoal – SoalLatihan UNAS. KurikulumBerbasisKompetensi, Penerbit CV PUSTAKA SETIA.
Kuncoro  Priyo dan Ihsanudin. 2008. Panduan  Praktis Siap Uji Menghadapi UN SPMB IPA SMA. Penerbit ERLANGGA.
Foster, Bob. 2006. 1001 Plus Soal dan Pembahasan Matematika Seleksi PenerimaanMahasiswaBaru. Penerbit ERLANGGA.
Alders, C.J. dan Ir. Bahar. 1987.  IlmuAljabar 2. Penerbit PT. Pradnya Paramita.
Johanes.Kastolan.Sulasim.2003. Kompetensi Matematika untuk Kelas 1 SMA Semester  Pertama.Penerbit Yudhistira.



Persamaan Dan Fungsi Kuadrat
Posted at: 12:04

0 comments:

Post a Comment

MS