Pengertian Ekologi, Ekologi Manusia, Prinsip Ekologi, Peran Manusia Dalam Ekosistem

Posted by Asrofy on 15:02





BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya (ipteks) dapat dikatakan seperti pedang bermata dua yang berarti dapat digunakan untuk memahami keseluruhan manusia dan alam atau dapat pula untuk menghancurkannya.Manusia dengan kelebihannya yang memiliki akal dan pikiran, dalam kemajuan teknologi merupakan makhluk yang paling berkuasa di alam ini.Penemuan-penemuan yang pada mulanya bertujuan untuk kesejahteraan manusia dapat menjadi boomerang terhadap hidupnya apabila prinsip-prinsip ekologi diabaikan.
Maka dari itu ekologi harus dipelajari dan dimengerti oleh setiap manusia karena ekologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari seluruh pola hubunngan timbal balik antar makhluk hidup lainnya, serta dengan semua komponen yang ada disekitarnya.
B.Rumusan Masalah
  1.            Bagaimana konsep-konsep Ekologi bisa menjadi dasar ilmu lingkungan?
  2.            Apa yang di maksud dengan Populasi,komunitas,ekosistem,habitat,nichia?
  3.            Kisaran apa saja yang menjadi Toleransi organisme hidup?
C. Tujuan
1.            Mengetauhi konsep-konsep ekologi sebagai dasar ilmu lingkungan
 2.            Mengetauhi apa itu populasi,komunitas,ekosistem,habitat,nichia.
 3.            Mengetauhi kisaran toleransi organisme hidup.










BAB II
PEMBAHASAN
 1Ekologi
a.      Pengertian Ekologi
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkunganya dan yang lainnya. Ekologi berasal dari bahasa yunani yaitu oikos (habitat) dan logos (ilmu). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antaramakhluk hidup dan lingkungannya. Dalam ekologi, kita mempelajari makhluk hidup sebagai satu kesatuan atau sistem dengan lingkungannya.
Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu faktor biotik dan abiotik. Faktor abiotik antara lain suhu, air, kelembapan, cahaya, dan topografi. Sedangkan faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba. Ekologi juga berhubungan erat dengan tingkatan-tingkatan  organisasi makhluk hidup, yaitu populasi, komunitas, dan ekosistem. Dan ekosistem yang saling mempengaruhi dan merupakan suatu system yang menunjukan kesatuan. Ekologi, biologi, dan ilmu pengetahuan lainnya saling melengkapi dengan zoologi dan botani yang menggambarkan kebanyakan rantai makanan manusia dan tingkat tropik. Ekowilayah bumi dan riset perubahan iklim ialah dua wilayah dimana ekolog (orang yang mempelajari ekologi) kini berfokus pada beberapa cabang ilmu dari ekologi.
            Karena sifatnya yang masih luas, maka ekologi mempunyai beberapa cabang ilmu yang lebih fokus, yaitu :
·         Behavioural ecology
·         Community ecology or synecology
·         Ecophysiology
·         Ecosystem ecology
·         Evolutionary ecology
·         Global ecology
·         Human ecology
·         Population ecology
            Ekologi adalah ilmu yang berhubungan dengan perkembangan komunitas dan populasi manusia dalam lingkungannya. Ruang lingkup manusia menurut Hawley (1950) : ekologi manusia sebagaimana ekologi tumbuh-tumbuhan dan hewan memperesentasikan penerapan khusus dari pandangan umum pada sebuah kelas khusus dalam sebuah kehidupan.
            Hal ini meliputi dua kesadaran kesatuan mendasar dari lingkungan hidup dan kesadaran bahwa ada perbedaan dalam kesatuan tersebut. Manusia sebagaimana kita tahu tidak hanya mendiami sebuah tempat dalam kehidupannya dia juga mengembangkan komunitasnya untuk menjalin hubungan yang komunitas lain dalam lingkungan yang lebih luas sehingga terbentuklah komunitas biotic yang lebih luas.
Steiner (2002) menyatakan bahwa ruang lingkup ekologi manusia meliputi :
1.      Sekelompok hal yang saling terkait
2.      Cirri-ciri yang integrative
3.      Perancah tempat dan perubahan
Dengan demikian ruang lingkup ekologi manusia adalah sebagai berikut :
1.      Lingkungan tempat manusia
2.      Persebaran komunitas dan populasi dunia
3.      Proses adaptasi manusia dengan lingkungannya
4.      Kesadaran cultural manusia atas lingkungannya
5.      Interaksi manusia dan ligkungan di luar tempat tinggalnya yang asli
b.      Ekologi Manusia dalam Perspektif Sektor Kehidupan
1. Pendidikan
            Pendidikan itu proses pengubahan dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Atau sosialisasi nilai-nilai dari suatu generasi kepada generasi berikutnya. 
            Studi ekologi manusia dalam konteks pendidikan tidak terlepas dari peranan manusia dalam ekosistemnya yang melibatkan unsur, subjek, audien, materi, proses, media, tujuan, dan efek. Manusia merupakan ciptaan Tuhan yang terbesar dan teristimewa di antara makhluk lainnya, sehingga ia mampu mewujudkan perbuatan yang paling tinggi pula.
 2.  Kesempatan Kerja
            Manusia dan pekerjaannya merupakan kesatuan sistem yang terus berproses untuk menghasilkan keuntungan atau hasil kerjanya. Bekerja dalam Islam merupakan ikhtiar yang wajib dilakukan oleh setiap insan yang mempunyai kemampuan dan kesempatan.
3. Papan
            Setiap orang mengidamkan permukiman yang akrab lingkungan dan berkekotaan yaitu sifat kekotaan yang makin kaya, bermutu dan masyarakat yang madani.Kebutuhan akan rumah semakin banyak jumlahnya sesuai dengan bertambahnya penduduk. Untuk mendapatkan rumah jika bukan dalam bentuk warisan dari orang tua sangat sulit karena harus memiliki lahan untuk mendirikan bangunan.
4. Kesehatan
            Kesehatan merupakan salah satu dari sekian problem kependudukan. Kesehatan itu amat mahal karena bagian dari anugerah dan kenikmatan Allah yang tidak ternilai harganya. Derajat kesehatan manusia dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu faktor keturunan, faktor lingkungan alam, faktor sosial budaya atau kultur, dan faktor prilaku.
5.  Pangan
            Pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok biologis, artinya manusia tanpa makan akan mati. Kekuatan menahan makan dapat diukur dengan hari, kemampuan menahan minum hanya dapat bertahan dalam beberapa jam, dan kekuatan menahan nafas atau oksigen hanya hitungan menit.
            Jadi makan, minum, dan oksigen merupakan kebutuhan pokok biologis makhluk hidup, termasuk manusia. Apa artinya seseorang memiliki rumah mewah dan kendaraan mewah jika bahan makanan dikehendaki oleh Allah tidak tersedia sama sekali. Apapun nafkah dicari, makan merupakan kebutuhan instan yang wajib dipenuhi setiap saat. Minimal manusia harus makan dua kali dalam sehari.
6. Hukum
            Manusia mengadakan kontak-kontak sosial di bidang peradilan, pembuatan undang-undang, pembuatan peraturan, pembuatan instruksi dan keputusan, tata tertib, hak asasi manusia. Masih banyak lagi sektor kehidupan sosial lainnya yang termasuk dalam konteks manusia dalam tinjauan hukum.

c.       Ekologi Manusia dalam Perspektif Ajaran Islam
            Begitu indah dan lengkap serangkaian ayat-ayat al-Qur’an yang mengungkapkan tema-tema ekologi manusia, ekosistem, unsur-unsur lingkungan hidup, aneka sumber daya alam, peranan manusia, energi, flora dan fauna, lingkungna fisik, dan lain-lain seperti yang di-Firmankan oleh Allah SWT di dalam QS. Al-An’am ayat 95-99:
“Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan. Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. (yang memiliki sifat-sifat) demikian ialah Allah, Maka mengapa kamu masih berpaling?”
            “Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah yang Maha Perkasa lagi Maha mengetahui.”
            “Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui.”
            “Dan Dialah yang menciptakan kamu dari seorang diri, Maka (bagimu) ada tempat tetap dan tempat simpanan. Sesungguhnya telah Kami jelaskan tanda-tanda kebesaran Kami kepada orang-orang yang mengetahui.”
            “Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.”
            Ekologi manusia diartikan sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana ekosistem mempengaruhi dan dipengaruhi kehidupan manusia. Atau ilmu yang mengkaji interaksi manusia dengan lingkungannya. Batasan ini masih objektif dan bersifat netral, sedangkan yang bersifat subjektif dan bertujuan ialah ilmu yang mempelajari tempat dan peranan manusia dalam ekosistemnya, atau yang lebih bertujuan lagi ialah ilmu yang mempelajari hakikat dan pengaturan tingkah laku manusia dalam lingkungan hidupnya.
            Dari aspek ini Allah telah menganugerahi akal kepada manusia. Maka dengan akal itulah Allah menurunkan agama. Logikanya, apabila manusia diberikan akal pasti budayanya akan berkembang seperti yang kita rasakan selama ini, maka manusia akan terseret jauh kepada penyimpangan dan kebebasan serta kebablasan. Agama merupakan dasar untuk penuntun dan petunjuk juga merupakan dasar untuk mengatur bagaimana berhubungan dengan Sang Pencipta, dan hubungan dengan sesama manusia atau berhubungan dengan alam semesta sebagai tempat tinggal dan ruang rumah tangga manusia.
            Dalam aplikasinya, Islam memitigasi asas madharat dengan menjaga agar lingkungan tidak terjadi kerusakan. Rusaknya ekosistem alam dilihat sebagai penyebab terancamnya kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Islam telah mengajarkan kebersihan secara komprehensif.
            Dasar  pemikiran Islam tentang kebersihan, ketertiban, keindahan, keteraturan, berasa dari al-Qur’an diantaranya di dalam surat al-Qashash ayat 77 Allah SWT berfirman: “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”
            Merusak sumber daya alam dan mencemari lingkungan merupakan salah satu perbuatan yang tercela di dalam Islam. Sebaliknya dengan menjaga kelestarian daya dukung lingkungan, memelihara kebersihan dan keindahan lingkungan merupakan hal yang sangat terpuji.
Sebagai contoh, Islam memerangi sampah karena sampah dapat menimbulkan berbagai macam dampak negatif jika tidak dikelola secara benar dan baik. Sampah dapat menjadi media berbagai macam penyakit, merusak keindahan pemandangan, jika dilihat dari aspek negatifnya.
            Namun Islam juga menghargai sampah ketika sampah itu dikelola dengan baik dan mendatangkan manfaat kepada manusia, makhluk hidup lainnya dan lingkungan fisik. Sampah-sampah organik bisa diolah menjadi pupuk kompos, dan sampah anorganik bisa didaur ulang menjadi barang baru seperti plastik, dan besi.
d.      Prinsip-prinsip ekologi
            Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunannya, yaitu faktor biotik dan abiotik. Faktor abiotik antara lain suhu, air, kelembapan, cahaya, dan topografi, sedangkan faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan dan mikroba. Ekologi juga berhubungan erat dengan tingkatan-tingkatan organisasi makhluk hidup, yaitu populasi, komunitas, dan ekosistem yang mempengaruhi dan merupakan suatu sistem yang menunjukan kesatuan.
e.       Populasi
            Populasi adalah sekumpulan spesies yang sama dan menempati suatau ruang tertentu dalam rentang waktu yang relatif sama, apabila terjadi persilangan diantaranya akan menghasilkan keturunan yang fertile. Populasi juga bisa dikatakan sebagai individu-individu yang terdiri dari spesies tunggal yang secara bersama-sama menempai luas wilayah dan waktu yang sama.
            Ukuran populasi berubah sepanjang waktu. Perubahan ukuran dalam populasi ini disebut dinamika populasi. Perubahan ini dapat dihitung dengan menggunakan rumus perubahan jumlah dibagi waktu. Hasilnya adalah kecepatan perubahan dalam populasi. Misalnya, tahun 1980 populasi pinus di tawangmangu ada 700 batang. Kemudian pada tahun 1990 dihitung lagi ada 500 batang pohon pinus. Dari fakta tersebut kita lihat bahwa selama 10 tahun terjadi pengurangan pohon pinus sebanyak 200 batang pohon. Untuk mengetahui kecepatan perubahan maka kita membagi jumlah batang pohon yang berkurang dengan lamanya waktu perubahan terjadi :
700 - 500       =    200 batang
1990-1980           10 tahun
= 20 batang / tahun.
            Dari rumus hitungan diatas kita dapatkan kesimpulan bahwa rata-rata berkurangnya pohon tiap tahun adalah 20 batang. Akan tetapi, perlu diingat bahwa penyebab kecepatan rata-rata dinamika populasi ada berbagai hal. Dari alam mungkin disebabkan oleh bencana alam, kebakaran, serangan penyakit, sedangkan dari manusia misalnya karena tebang pilih. Namun, pada dasarnya populasi mempunyai karakteristik yang khas untuk kelompoknya yang tidak dimiliki oleh masing-masing individu anggotanya. Karakteristik ini antara lain : kepadatan (densitas), laju kelahiran (natalitas), laju kematian (mortalitas), potensi biotik, penyebaran umur, dan bentuk pertumbuhan. Natalitas dan mortalitas merupakan penentu utama pertumbuhan populasi.
            Dinamika populasi dapat juga disebabkan imigrasi dan emigrasi. Hal ini khusus untuk organisme yang dapat bergerak, misalnya manusia dan hewan.
1. Imigrasi adalah perpindahan satu atau lebih organism eke daerah yang didatangi sudah terdapat kelompok dari jenisnya. Imigrasi ini akan meningkatkan populasi
2. Emigrasi adalah peristiwa ditinggalkannya suatu daerah oleh satu atau lebih organisme, sehingga populasi akan menurun.
            Secara garis besar imigrasi dan natalitas akan meningkatkan jumlah populasi, sedangkan mortalitas dan emigrasi akan menurunkan jumlah populasi. Populasi hewan atau tumbuhan dapat berubah, namun perubahan tidak selalu menyolok. Pertambahan atau penurunan populasi dapat menyolok bila ada gangguan drastic dari lingkungannya, misalnya adanya penyakit, bencana alam, dan wabah hama.
f.       Ekosistem
            Ekosistem merupakan suatu interaksi yang kompleks dan memiliki penyusun yang beragam. Antara komunitas dan lingkungannya selalu terjadi interaksi. Interaksi ini menciptakan kesatuan ekologi yang disebut ekosistem. Komponen penyusun ekosistem adalah produsen (tumbuhan hijau),konsumen (herbivora, karnivora, dan omnivora), dan decomposer/pengurai (mokroorganisme).
g.      Cabang-Cabang Ekologi
Ekologi terbagi kepada dua bagian yaitu:
1.  Autekologi, mempelajari individu dari suatu jenis organisme atau ekologi dari satu jenis makhluk hidup (termasuk ekologi manusia), tentang bagaimana cara hidup dan beradaptasi diri dengan lingkungannya.
2. Sinekologi, mempelajari suatu komunitas organisme yang hidup sebagai suatu kesatuan. Misalnya penelitian tentang pengaruh iklim atau tanah terhadap produksi hutan.
         2. Ekosistem
            a.  Pengertian Ekosistem
Ekosistem ialah suatu sistem dimana terdapat keseimbangan ekologis. Dalam UURI Nomor 32 (1997, pasal: 1 ayat 4) disebutkan bahwa ekosistem ialah tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.

            c.  Tipe-Tipe Ekosistem
Adapun lingkungan alam di permukaan bumi ditinjau dari aspek habitat, dapat dipisahkan kepada empat tipe, yaitu:
1.      Ekosistem daratan,
2.      Ekosistem lautan,
3.      Ekosistem air tawar,
4.     Ekosistem estaurin (tubuh perairan setengah tertutup di pinggiran daratan, sehingga terpengaruh pasang surut air laut yang rasanya payau karena campur air laut dengan air dari daratan) biasanya terbentuk rawa pasang surut atau teluk.
      d. Macam-macam Ekosistem
Secara garis besar ekosistem dibedakan menjadi ekosistem darat dan ekosistem perairan.
1.   Ekosistem darat
Ekosistem darat ialah ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan. Berdasarkan letak geografisnya (garis lintangnya).
Ekosistem darat dibedakan menjadi beberapa bioma, yaitu sebagai berikut:
a.   Bioma gurun
Beberapa Bioma gurun terdapat di daerah tropika (sepanjang garis balik) yang berbatasan dengan padang rumput. Ciri-ciri bioma gurun adalah gersang dan curah hujan rendah (25 cm/tahun). Suhu siang hari tinggi (bisa mencapai 45°C) sehingga penguapan juga tinggi, sedangkan malam hari suhu sangat rendah (bisa mencapai 0°C). Perbedaan suhu antara siang dan malam sangat besar. Tumbuhan semusim yang terdapat di gurun berukuran kecil. Selain itu, di gurun dijumpai pula tumbuhan menahun berdaun seperti duri contohnya kaktus, atau tak berdaun dan memiliki akar panjang serta mempunyai jaringan untuk menyimpan air. Hewan yang hidup di gurun antara lain rodentia, ular, kadal, katak, dan kalajengking.
b.  Bioma padang rumput
Bioma ini terdapat di daerah yang terbentang dari daerah tropik ke subtropik. Ciri-cirinya adalah curah hujan kurang lebih 25-30 cm per tahun dan hujan turun tidak teratur. Porositas (peresapan air) tinggi dan drainase (aliran air) cepat. Tumbuhan yang ada terdiri atas tumbuhan terna (herbs) dan rumput yang keduanya tergantung pada kelembapan. Hewannya antara lain: bison, zebra, singa, anjing liar, serigala, gajah, jerapah, kangguru, serangga, tikus dan ular.

c.       Bioma hutan basah
Bioma hutan basah terdapat di daerah tropika dan subtropik. Ciri-cirinya adalah, curah hujan 200-225 cm per tahun. Species pepohonan relatif banyak, jenisnya berbeda antara satu dengan yang lainnya tergantung letak geografisnya. Tinggi pohon utama antara 20-40 m, cabang-cabang pohon tinngi dan berdaun lebat hingga membentuk tudung (kanopi). Dalam hutan basah terjadi perubahan iklim mikro (iklim yang langsung terdapat di sekitar organisme). Daerah tudung cukup mendapat sinar matahari. Variasi suhu dan kelembapan tinggi/besar; suhu sepanjang hari sekitar 25°C. Dalam hutan basah tropika sering terdapat tumbuhan khas, yaitu liana (rotan), kaktus, dan anggrek sebagai epifit. Hewannya antara lain, kera, burung, badak, babi hutan, harimau, dan burung hantu.
d.      Bioma hutan gugur
Bioma hutan gugur terdapat di daerah beriklim sedang, Ciri-cirinya adalah curah hujan merata sepanjang tahun. Terdapat di daerah yang mengalami empat musim (dingin, semi, panas, dan gugur). Jenis pohon sedikit (10 s/d 20) dan tidak terlalu rapat. Hewannya antara lain rusa, beruang, rubah, bajing, burung pelatuk, dan rakoon (sebangsa luwak).
e.       Bioma taiga
Bioma taiga terdapat di belahan bumi sebelah utara dan di pegunungan daerah tropik. Ciri-cirinya adalah suhu di musim dingin rendah. Biasanya taiga merupakan hutan yang tersusun atas satu spesies seperti konifer, pinus, dap sejenisnya. Semak dan tumbuhan basah sedikit sekali. Hewannya antara lain moose, beruang hitam, ajag, dan burung-burung yang bermigrasi ke selatan pada musim gugur.
f.       Bioma tundra
Bioma tundra terdapat di belahan bumi sebelah utara di dalam lingkaran kutub utara dan terdapat di puncak-puncak gunung tinggi. Pertumbuhan tanaman di daerah ini hanya 60 hari. Contoh tumbuhan yang dominan adalah Sphagnum, liken, tumbuhan biji semusim, tumbuhan kayu yang pendek, dan rumput. Pada umumnya, tumbuhannya mampu beradaptasi dengan keadaan yang dingin. Hewan yang hidup di daerah ini ada yang menetap dan ada yang datang pada musim panas, semuanya berdarah panas. Hewan yang menetap memiliki rambut atau bulu yang tebal, contohnya muscox, rusa kutub, beruang kutub, dan insekta terutama nyamuk dan lalat hitam.

2.      Ekosistem perairan
Ekosistem perairan ialah ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa air.
a.       Ekosistem air tawar
Ciri-ciri ekosistem air tawar antara lain variasi suhu tidak menyolok, penetrasi cahaya kurang, dan terpengaruh oleh iklim dan cuaca. Macam tumbuhan yang terbanyak adalah jenis ganggang, sedangkan lainnya tumbuhan biji. Hampir semua filum hewan terdapat dalam air tawar. Organisme yang hidup di air tawar pada umumnya telah beradaptasi.
Adaptasi organisme air tawar adalah sebagai berikut:
a.a Adaptasi tumbuhan
Tumbuhan yang hidup di air tawar biasanya bersel satu dan dinding selnya kuat seperti beberapa alga biru dan alga hijau. Air masuk ke dalam sel hingga maksimum dan akan berhenti sendiri. Tumbuhan tingkat tinggi, seperti teratai (Nymphaea gigantea), mempunyai akar jangkar (akar sulur). Hewan dan tumbuhan rendah yang hidup di habitat air, tekanan osmosisnya sama dengan tekanan osmosis lingkungan atau isotonis.
a.b Adaptasi hewan
   Ekosistem air tawar dihuni oleh nekton. Nekton merupakan hewan yang bergerak aktif dengan menggunakan otot yang kuat. Hewan tingkat tinggi yang hidup di ekosistem air tawar, misalnya ikan, dalam mengatasi perbedaan tekanan osmosis melakukan osmoregulasi untuk memelihara keseimbangan air dalam tubuhnya melalui sistem ekskresi, insang, dan pencernaan.
Habitat air tawar merupakan perantara habitat laut dan habitat darat. Penggolongan organisme dalam air dapat berdasarkan aliran energi dan kebiasaan hidup:
a.       Berdasarkan aliran energi, organisme dibagi menjadi autotrof (tumbuhan), dan fagotrof (makrokonsumen), yaitu karnivora predator, parasit, dan saprotrof atau organisme yang hidup pada substrat sisa-sisa organisme.
b.  Berdasarkan kebiasaan hidup, organisme dibedakan sebagai berikut.
1)  Plankton; terdiri atas fitoplankton dan zooplankton; biasanya melayang-layang    (bergerak pasif) mengikuti gerak aliran air.
2)  Nekton; hewan yang aktif berenang dalam air, misalnya ikan.
3)  Neuston; organisme yang mengapung atau berenang di permukaan air atau bertempat pada permukaan air, misalnya serangga air.
4)  Perifiton; merupakan tumbuhan atau hewan yang melekat/bergantung pada tumbuhan atau benda lain, misalnya keong.
5)  Bentos; hewan dan tumbuhan yang hidup di dasar atau hidup pada endapan. Bentos dapat sessil (melekat) atau bergerak bebas, misalnya cacing dan remis.
Ekosistem air tawar digolongkan menjadi air tenang dan air mengalir. Termasuk ekosistem air tenang adalah danau dan rawa, termasuk ekosistem air mengalir adalah sungai.
1)     Danau
      Danau merupakan suatu badan air yang menggenang dan luasnya mulai dari beberapa meter persegi hingga ratusan meter persegi. Di danau terdapat pembagian daerah berdasarkan penetrasi cahaya matahari. Daerah yang dapat ditembus cahaya matahari sehingga terjadi fotosintesis disebut daerah fotik. Daerah yang tidak tertembus cahaya matahari disebut daerah afotik. Di danau juga terdapat daerah perubahan temperatur yang drastis atau termoklin. Komunitas tumbuhan dan hewan tersebar di danau sesuai dengan kedalaman dan jaraknya dari tepi.
2)   Sungai
Sungai adalah suatu badan air yang mengalir ke satu arah. Air sungai dingin dan jernih serta mengandung sedikit sedimen dan makanan. Aliran air dan gelombang secara konstan memberikan oksigen pada air. Suhu air bervariasi sesuai dengan ketinggian dan garis lintang.
Komunitas yang berada di sungai berbeda dengan danau. Air sungai yang mengalir deras tidak mendukung keberadaan komunitas plankton untuk berdiam diri, karena akan terbawa arus. Sebagai gantinya terjadi fotosintesis dari ganggang yang melekat dan tanaman berakar, sehingga dapat mendukung rantai makanan.
Komposisi komunitas hewan juga berbeda antara sungai, anak sungai, dan hilir. Di hilir sering dijumpai ikan kucing dan gurame. Beberapa sungai besar dihuni oleh berbagai kura-kura dan ular.
b.      Ekosistem air laut
Ekosistem air laut dibedakan atas lautan, pantai, estuari, dan terumbu karang.
1)      Ekosistem Laut
Habitat laut (oseanik) ditandai oleh salinitas (kadar garam) yang tinggi dengan ion CI- mencapai 55% terutama di daerah laut tropik, karena suhunya tinggi dan penguapan besar. Di daerah tropik, suhu laut sekitar 25°C. Perbedaan suhu bagian atas dan bawah tinggi. Batas antara lapisan air yang panas di bagian atas dengan air yang dingin di bagian bawah disebut daerah termoklin. Di daerah dingin, suhu air laut merata sehingga air dapat bercampur, maka daerah permukaan laut tetap subur dan banyak plankton serta ikan. Gerakan air dari pantai ke tengah menyebabkan air bagian atas turun ke bawah dan sebaliknya, sehingga memungkinkan terbentuknya rantai makanan yang berlangsung balk. Habitat laut dapat dibedakan berdasarkan kedalamannya dan wilayah permukaannya secara horizontal.
2)      Ekosistem pantai
Ekosistem pantai letaknya berbatasan dengan ekosistem darat, laut, dan daerah pasang surut. Ekosistem pantai dipengaruhi oleh siklus harian pasang surut laut. Organisme yang hidup di pantai memiliki adaptasi struktural sehingga dapat melekat erat di substrat keras. Daerah paling atas pantai hanya terendam saat pasang naik tinggi. Daerah ini dihuni oleh beberapa jenis ganggang, moluska, dan remis yang menjadi konsumsi bagi kepiting dan burung pantai. Daerah tengah pantai terendam saat pasang tinggi dan pasang rendah. Daerah ini dihuni oleh ganggang, porifera, anemon laut, remis dan kerang, siput herbivora dan karnivora, kepiting, landak laut, bintang laut, dan ikan-ikan kecil. Daerah pantai terdalam terendam saat air pasang maupun surut. Daerah ini dihuni oleh beragam invertebrata dan ikan serta rumput laut.
            e. Sumber Daya Alam dan Pelestarianya
            Para ahli didunia,terutama dibidang ilmu ekonomi dan yang mengkususkan diri dalam ilmu kependidikan dan pertanian,hingga kini terus melakukan pengkajian.masal lingkungan hidup dari tahun ketahun akan terus memprihatinkan karena berbagai hasil kemajuan teknologi,terutama dalam duni industri.jika tidak diimbangi dengan berbagai aturan mengenai lingkungan hidup,akhinya akan memusnahkan semua kehidupan.lebih jelas tentang pemeliharaan dan pembinaan lingkungan ini diungkapkan dalam ketentuan pokok Pengelolaan lingkungan hidup dalam UU NO.4 1983 yang berlaku sejak 11 Maret sebagai berikut.pengelolaan lingkungan hidup berasaskan pelestarian kemampuan yang lestari,serasi dan seimbang untuk menunjang pembangunan yang ber kesinambungan bagi peningkatan kesejahteraan manusia.demikian juga tentang (Andal) yang ditetapkan tanggal 5 Juni 1986 dan mulai berlaku 5 Juni 1987 harus dianggap serius.dari ketentuan itu diharapkan agar masyarakat dari berbagai lapisan menyadari bahwa lingkungan hidup yang baik dan sehat akhinya juga bermanfaat bagi masyarakat.         
            Meningkatnya jumlah industri biasanya diikuti dengan meningkatnya pencemaran lingkungan hidup.Jika pengetahuan dan disiplin lingkungannya belum tinggi,penanganan lingkungan hidup bisa dilakukan secara normal yaitu penangan secara tinggi,merupakan tugas amat berat bagi aparat penegak hukum di bidang lingkungan hidup.untuk itu,perlu ditemukan cara informal untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup.ada tiga jalur yang bisa dijadikan pedoman dalam langkah langkah informal,yaitu sebagai berikut:
a)      Cinta lingkungan hidup
            Sejak usia muda seorang anak sudah didekatkan dengan proses alamiah,misalnya sebagai mana tahap tahap pertumbuhan tanaman,bagaimana binatang bertahan hidup dan melindungi anak- anaknya
b)      Petualangan
            Petualangan petualangan yang dilakukan anak anak muda dialam bebas merupakan salah satu cara untuk memahami rahasian dan keagungan alam.generasi muda yang mengenal secara sungguh sungguh,alam nusantara inilah yang nantinya mampu membawa indonesia lebih makmur lagi.
c)      Musim
            Musim bisa menjadi sumber inspirasi dan pemahaman kearifan bagi anggota masyarakat.Musim bisa berisi kegersangan dadn pencemaran yang parah akibat kesalahan manusia.Di samping itu,disajikan pula perbandingannya,yaknikelestarian alam yang indah sebagai akibat keberhasilan manusia menghormati hukum alam.
            Beberapa masalah yang berkaitan dengan air,tanah,udara dan hutan yang semuanya terkait langsung dengan kehidupan manusia,dijelaskan sebagai berikut:
1.      Tanah
            Salah satu dari ekosistem kita yang utama adlah tanah yang merupakan tempat hidup manusia,tanaman jasad renik dan hewan serta tempat penyimpanan air.Tanah adalah agian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik lapisan tanah yang subur.
Dari segi klimatologi,tanah memegang peranan penting sebagai penyimpanair dan menekan erosi,meskipun tanah sendiri jg dapat tererosi.
Jenis-jenis tanah:
  • Tanah humus adalah tanah yang sangat subur terbentuk dari lapukan daun dan batang pohon di hujan tropis yang lebat
  • Tanah Pasir adalah tanah yang kurang bersifat kurang baik bagi pertanian yang terbentuk dari batuan beku serta batuan sedimen yang memiliki butir kasar dan berkerikil
  • Tanah alluvial/tanah endapan adalah tanah yang dibentuk dari lumpur sungai yang mengendap di dataran rendah yang memiliki sifat tanah yang subur dan cocok untuk lahan pertanian
  • Tanah podzolit adalah tanah yang subur umumnya berada di pegunungan dengan curah hujan yang tinggi dan bersuhu rendah/dingin
  • Tanah vulkanik adalah tanah yang terbentuk dari lapukan materi letusan gunung berapi yag subur mengandung zat hara yang tinggi
  • Tanah laterit adalah tanah yang tidak subur yang tadinya subur dan kaya akan unsur hara,namun unsur hara tersebut hilang karena terbawa air hujan yang tinggi
  • Tanah mediteran/tanah kapur adalah tanh yang sifatnya tidak subur yang terbentuk dari lapukan batuan kapur
  • Tanah gambut/tanah organosol adalah jenis tanah yang kurang subur untuk bercocok tanam yang merupakan hasil bentukan pelapukan tumbuhan rawa.

2.      Hutan
            Pengertian hutan adalah sebuah kawasan yang di tumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya.
Bagian-bagian hutan:
            Kita akan melihat akar semua tumbuhan,baik besar maupun kecil,dalam berbagai bentuk.Dikedalaman tertentu kita juga dapat menemuka tempat tinggal beberapa jenis binatang,seperti serangga,ular,kelinci,dan binatang pengerat lain.
Jenis-jenis hutan (menurut ensiklopedia) di NKRI:
  • Hutan bakau

            Adalah hutan yang tumbuh di daerah pantai berlumpur
  •  Hutan sabana

            Adalah hutang padang rumput yang luas dengan jumlah pohon yang sangat sedikit dengan curah hujan yang rendah
  • Hutan rawa

            Adalah hutan yang berada di daerah berawa dengan tumbuhan nipah tumbug di hutan rawa.
  • Hutan hujan tropis

            Adalahhuatan lebat/huatan rimba belantara yang tumbuh di sekitar garis katulistiwa/ekuator yang memiliki curah hujan yang sangat tinggi.
  • Hutan musim

            Adalah hutan dengan curah hujan tinggi namun punya periode musim kemarau yang panjangyang menggugurkan daun di kala kemarau menyelimuti hutan.
3.      Air
            Salah satu kebutuhan hidupmanusia adalah terpenuhinya kebutuhan  air.Kesulitan air bersih dari tahun ke tahun semakin terasa karena keseimbangan akan kebutuhan air dengan volume air tersedia tidak seimbang.banyak air yang tercemar akibat dari limbah industri,sisa-sisa minyak,gulam,endapaan,serta bahan kimia lainnya.selain air yang tercemar maka tumbuhan dan binatang yang hidup di air akan musnah atau setidaknya pindah ke tempat lain.
3. Peranan Manusia dalam Ekosistem
            Manusia adalah salah satu mahluk hidup yang harus berinteraksi degan alam lingkunganya.dalam kehidupanya,manusia berhubungan,memanfaatkan,dan didukung oleh lingkungan hidupnya,baik lingkungan dalam pengertian biofosik maupun pengertian koknitif.pengertian koknitif adalah pengertian hanya didalam angan-angan,seperti ekonomi,sosial,budaya,adat istiadat,dan bahasa yang satu dengan yang lain saling berhubungan saling mendukung saling mempengaruhi dan saling memanfaatkan atau istilah dari itu semuanya saling interaksi.sedangkan pengertian biofosik adalah keadaan senyatanya,sebagai dari alam lingkungan.
            Pengaruh manusia terhadap lingkunganya semakin lama semakin banyak dan beraneka ragam,antara lain:
  1. Manusia Sebagai Komponen Lingkungan yang Dominan
            Lingkungan hidup manusia terdiri atas lingkungan biotik dan lingkungan non biotik.Artinya,lingkungan hidup manuasian tidak hanya ditentukan oleh benda hidup,tetapi juga oleh hal-hal yang bersifat tidak hidup disamping budaya dan perilakunya.dalam kesatuan ekosistem kedudukan manusia adalah sebagai bagian dari unsur lain yang erat berkaitan dan tergantung pula pada kelestarian ekosistemnya,namun faktor manusia lebih dominan.Manusia harus dapat menjaga keserasian hubungan timbal balik dengan lingkunganya agar keseimbangan ekosistem tidak terganggu.Unndang Undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup Republik Indonesia(UU NO.4 Tahun 1982) mengatakan bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan sebuah benda,gaya,keadaan,dan mahluk hidup,termasuk perilaku manusia didalamnya yang mempegaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia dan lainya.
  1. Manusia Sebagai Perusak Lingkungan
            Apabila manusia mengusahakan sumber daya alam hanya berlandaskan pandangan untuk keperluan jangkan pendek agar dapat memanfaatkan produksi sebanyak mungkin dengan modal seminim mungkindalam waktu singkat,maka hal ini akan memakmurkan generasinya tetapi menyengsarakan generasi penerusnya.
            Menurut konsep bio-ekosistem dinyatakan bahwa manusia dan mahluk lain dialam ini sama kedudukan dan fungsinya.pada proses rumah tangga suatu ekosistem atau lingkungan,akan trlihat lingkaran energi,materi,dan informasi yang dipengaruhi oleh kekuatan dari komponen produsen dan konsumen.
Ciri ciri pokok dari suatu bio-ekosistem ada tiga macam yaitu sebagai berikut
Ø  Kesatuan kesatuan hidup atau kelompon kelompok mahluk hidup akan melakukan niche-nya masing masing dalam pengaturan rumah tangga lingkungan.
Ø  Komponen lingkungan yang terdiri atas berbagai kesatuan lingkungan dengan unsur unsur ruang dan struktur masing masing akan iku serta mempengaruhi jalanya proses rumah tangga lingkungan.
Ø  Kesatuan kesatuan hidup dan kesatuan kesatuan lingkungan dengan kemampuan atau kekuatanya masing masing berdasarkan pada asas yang akan bergerak kearah tercapainya keseimbangan ekologi.









BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Manusia seharusnya menyadari kedudukan dan tanggung jawab dirinya, serta bagaimana idealnya beretika dengan ekosistemnya, dimana di dalam ekosistem berlaku hukum timbal balik yang saling menguntungkan. Suatu ekosistem akan berlangsung dalam batas-batas hukum alam antara satu komponen dengan komponen lainnya.
Kehidupan manusia sangat tergantung kepada komponen-komponen lain dalam ekosistem itu sehingga secara moral alam manusia dituntunt untuk bertanggung jawab kepada keutuhan, kelangsungan, keseimbangan, dan kelestarian alam yang menghidupi dirinya sebagai wujud dari komitmen dan integritasnya terhadap ekosistem.
Oleh karena itu manusia harus menjadikan alam sebagai tema sentral dalam hal:
1.      Memanfaatkan sumber-sumber daya alam tetap dalam batas-batas toleransi tidak melampaui daya dukung lingkungan.
2.      Pengelolaan Lingkungan Hidup dalam arti melestarikan fungsi sumber daya alam melalui:
a.       Kebijaksanaan penataan lingkungan hidup.
b.      Pemanfaatan sumber daya alam.
c.       Pengembangan sumber daya alam.
d.      Pemeliharaan keberlanjutan fungsi lingkungan hidup.
e.       Pemulihan keutuhan sumber daya alam dalam ekosistemnya terutama sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
f.       Pengawasan berbagai bentuk aktivitas manusia dalam memanfaatkan sumber daya.
g.      Pengendalian terhadap dampak lingkungan hidup.
h.      Menciptakan, menerapkan dan pengembangan teknologi ramah lingkungan.
            Dalam ekologi juga mempelajari tentang hubungan manusia dengan lingkungannya, telah dijelaskan dalam isi makalah bahwa manusia merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi lingkungan baik dari segi positif maupun dari segi negatifnya. Telah dijelaskan juga bahwa manusia merupakan makhluk yang hidup memerlukan lingkungan untuk hidup.



DAFTAR PUSTAKA
·         Anwar, Sofyan Mufid. 2010. Ekologi Manusia. Bandung: Remaja Rosda Karya.
·         Hutagalung RA.2010.Ekologi Dasar.Jakarta.(online)
(dilihat pada tanggal 10 0ktober 2012.Alamat :http//id.m.wikimedia.org/wiki/Ekologi 
·         Nasrudin anshori CH, sudarsono, SH. Kearifan Lingkungan dalam Perspektif Budaya Jawa. 2007.Yayasan Obor Indonesia:Jakarta
·         Yani, ahmad, mamat ruhimat. Geografi Menyingkap Fenomena Geosfer Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas. 2007. Jakarta
·         Indrawan, mochamad, dkk. Biologi Konservasi Edisi Refisi. 2007. Yayasan Obor Indonesia: Jakarta
·         Djamal Irwan, Zoer’aini.Tantangan Lingkungan dan Lansekap Hutan Kota. 2005. Sinar Grafika Offset: Jakarta


Pengertian Ekologi, Ekologi Manusia, Prinsip Ekologi, Peran Manusia Dalam Ekosistem
Posted at: 15:02

3 comments:

  1. Nama saya Susi dari Indonesia, saya sudah lama mencari pinjaman asli dan yang saya dapatkan hanyalah penipuan yang membuat saya mempercayai mereka dan pada akhirnya, mereka mengambil uang saya tanpa memberi saya pinjaman, semua harapan saya adalah hilang, saya menjadi bingung dan frustrasi, maka saya merasa sangat sulit untuk memberi makan keluarga saya, saya tidak pernah ingin ada hubungannya dengan pinjaman online lagi, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari seorang teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia bilang dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu pemberi pinjaman yang jujur ​​bernama Ny. Alicia Radu bahwa dia bisa membantu saya, bahwa dia baru saja mendapat pinjaman dari Ny. Alicia Radu, dia mengarahkan saya tentang cara melamar, saya lakukan seperti yang dia katakan, saya diterapkan, saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan yang paling mengejutkan saya mendapat pinjaman 300 juta rupiah, saya tidak percaya saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan. Saya sangat senang dan saya berterima kasih kepada ALLAH, karena saya tidak percaya pemberi pinjaman jujur ​​seperti ini masih ada

    Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi email ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan dengan rahmat ALLAH Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (susi85746@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    ReplyDelete
  2. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  3. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete

MS